Edukasi

Bagaimana Cara Membuat Rumah Adat Bangka Belitung ini?

Rumah Sama seperti rumah tradisional budaya Melayu lainnya, rumah panggung khas Bangka Belitung juga seluruhnya terbuat dari bahan-bahan alami. Pilar dan lantai terbuat dari kayu, dindingnya terbuat dari bambu atau kulit kayu, sedangkan atapnya terbuat dari daun lontar dan serat sawit. Tegak rumah adat ini didukung oleh 9 pilar dengan 1 tiang utama di tengah.

Tiang utama khusus pertama ditempatkan, sedangkan 8 kutub lainnya berbeda dari tiang utama. Pilar utama mendukung balok kayu yang disilangkan dimana papan ditempatkan sebagai lantai dan atap di bagian atas. Yang harus dibawa oleh kayu yang merupakan tiang harus kayu nomor satu.

Bagaimana Cara Membuat Rumah Adat Bangka Belitung ini?

Rumah Adat Bangka Belitung
Rumah Adat Bangka Belitung

Dalam adat Melayu Bangka, pemilik tidak mengeluarkan warna atau mengecat dinding dan bagian lain dari rumah. Aturan ini membuat rumah adat Bangka Belitung terlihat lusuh dan tidak salah. Namun demikian, sebenarnya karena ini dianggap memiliki pesona tersendiri. Pada saat rumah tradisional ini juga ada banyak fentilasi yang mengatur perubahan udara di dalam rumah.

Untuk atap, rumah adat Panggung yang khas budaya Melayu Bangka diduga memiliki desain produk yang berbeda dari atap rumah-rumah Tionghoa. Bentuknya melengkung dan terlihat seperti kuda sadel.

Fungsi Rumah Tradisional

Selain sebagai ikon budaya dan kemajuan peradaban, rumah Panggong di masa lalu juga digunakan sebagai pemukiman masyarakat Bangka Belitung pada umumnya. Dalam mendukung fungsi ini, rumah adat ini dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu ruang depan, reruntuhan, dan dapur. Ruang depan dimulai dari teras yang akan kita temukan setelah menaiki tangga depan.

Teras rumah ini cukup luas dan biasa untuk menerima tamu, bersantai, atau mengobrol di sore hari. Dari teras, kita bisa melihat satu pintu utama yang bisa masuk ke ruang utama. Di luar ini, kita akan menemukan berbagai pernak-pernik khas Bangka Belitung, seperti lemari yang berisi pakaian tradisional, senjata tradisional, dan sebagainya.

Di ruang utama kita tidak akan menemukan kursi dan meja. Ketika seorang tamu tiba, pemilik rumah akan menyebarkan tempat belanja sebagai tempat duduknya. Dibandingkan dengan bagian lain, ruang belakang adalah yang paling luas.

Nilai Karakteristik dan Filosofis

Dari struktur dan arsitektur, kita dapat mengetahui bahwa rumah Panggong dari adat Bangka Belitung sebenarnya memiliki beberapa keunikan. Keunikan yang kemudian menjadi ciri khas rumah adat Bangka Belitung meliputi:

Rumah panggung berbentuk dengan desain atap pelana kuda. Memiliki dinding dan penampilan lusuh karena aturan adat tidak menekankan pemilik rumah memberi kucing atau warna di rumah. Dibagi menjadi beberapa ruang yang memiliki fungsi masing-masing. Ada tangga di depan rumah sebagai cara untuk naik dan melihat rumah.

Apa Fungsi dari SenjataAadat Bangka Belitung Ini?

Senjata adat bangka belitung

Parang Bangka

Parang adalah senjata tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Parang juga bisa ditemukan di Pulau Jawa, Semarang Golok Banten. Tetapi parang bangka memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan parang Banten Ciomas. Parang bangka berbentuk seperti perahu layar. Alat ini terutama untuk pertarungan jarak pendek.

Meski sekilas mirip dengan Parang Banten, namun ujungnya membuat lebar dan berat untuk menambah berat badan bisa diatur dengan cepat. Parang dengan diameter sedang atau sekitar 40 cm juga bisa menebang pohon karena berat ujungnya lebih besar dan lebih berat.

Sakit

Kedik adalah alat / senjata tradisional yang digunakan sebagai alat pertanian. Alat ini ada di kebun, terutama di kebun lada. Dalam konteks pemakainya harus jongkok dan bergerak mundur atau ke samping. Alat ini digunakan dengan melemparkannya ke tanah dan ditarik kembali.

Alat ini efektif untuk membersihkan tanaman merica. Penyakit oleh wanita karena perangkatnya kecil dan relatif lebih ringan. Kedik hanya bisa digunakan untuk hal-hal kecil atau rumput yang tumbuh dengan akar dangkal, bukan rumput. Kurang lebih seperti itu pembahasan kali ini, selebihnya Anda bisa baca di situs pendidikan infosoalpelajaran.com untuk lebih detailnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *